Cara Register Online CPNS MA-KEMENKUMHAM Mulai 1 Agustus 2017

shares


Pemerintah membuka pendaftaran 19.210 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk mengisi jabatan di MA dan Kemenkumham. Pendaftaran dibuka mulai besok pada 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017, dan 26 Agustus 2017 khusus pelamar D3.

Terkait ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengingatkan bahwa pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://sscn.bkn.go.id.

“Harus diusahakan, apapun yang bersangkutan dengan identitas diri dapat diinput dengan data yang sama, seperti nama, tempat tanggal lahir maupun jenis kelamin sesuai dengan akte kelahiran. Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,” demikian bunyi siaran pers Biro Humas Kementerian PANRB seperti yang dilansir dari setkab.go.id.

Saat melakukan pendaftaran melalui sistem online, nantinya peserta akan mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi online. Adapun mekanisme pendaftaran online CPNS tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Pelamar membuka situs Portal SSCN https://sscn.bkn.go.id , kemudian pilih menu Pendaftaran. 
  2. Pelamar mengisikan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan. 
  3. Setelah selesai mengisi, pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017. 
  4. Pelamar dapat login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang tadi sudah didaftarkan. 
  5. Pelamar kemudian melengkapi biodata, memilih instansi, memilih jenis formasi sesuai instansi, dan mengunggah dokumen sesuai persyaratan instansi. 
  6. Catatan: Peserta hanya bisa mengisi satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada satu instansi dalam satu periode. 
  7. Setelah mengisi lengkap, pelamar dapat Kartu Pendaftaran SSCN 2017. 
  8. Pelamar melakukan pemberkasan sesuai persyaratan pendaftaran masing-masing instansi, untuk nanti dikirimkan sesuai alamat instansi. Jangan lupa, peserta juga diwajibkan untuk melampirkan copy Kartu Pendaftaran SSCN 2017 untuk proses Verifikasi. 
  9. Selanjutnya, tim verifikator akan melakukan verifikasi dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran. 
  10. Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi (dijadwalkan 5 September 2017), dapat mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan CAT. 

Sementara itu, terkait berkas yang dikirimkan, Kementerian PAN-RB mengingatkan untuk pelamar pada lingkungan MA harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan beberapa berkas berupa:
  • Dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online, 
  • surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI, 
  • Fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, 
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT, 
  • Pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut. 

“Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017,” jelas Biro Humas Kementerian PANRB.

Adapun untuk pelamar pada lingkungan Kemenkumham, pelamar dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib mengirimkan berkas berupa:
  • surat lamaran yang diketik menggunakan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dengan format surat lamaran yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id
  • fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, fotokopi ijazah SD, ijazah SLTP dan ijazah SLTA, 
  • surat pernyataan bermaterai Rp6.000,-, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat, 
  • Dan lembar bukti pendaftaran. 

“Berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat dilaman www.menpan.go.id dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 dan poin Kementerian Hukum dan HAM RI,” jelas Biro Humas Kementerian PANRB.

Ditegaskan, bahwa seluruh sistem pendaftaran dilakukan secara elektronik, dan calon pelamar tidak dapat merubah pilihan tersebut dengan alasan apapun. Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar dapat menghubungi call center Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729.

Deadline 31 Agustus 2017
Sumber Lowongan : tirto.id


Besar harapan kami anda bisa memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan harapan Anda. Untuk itu dalam memberikan kelancaran informasi terbaru kami mohon bantuan dan dukungan dari anda untuk dapat melanjutkan informasi ini melalui media sosial dengan menekan di tombol pojok kiri lalu "SHARE" ke Media Sosial apakah itu "facebook,twitter,Instagram atau google+ untuk disebarkan kepada teman, kerabat maupun saudara yang membutuhkan informasi lowongan kerja.

Baca Lowongan Lainnya